Tigor Tampubolon Terpilih Sebagai 21 Tokoh Kristiani Inspiratif

tokoh kristiani inspiratif

SuaraHKBP.com | Drs Tigor Tampubolon terpilih sebagai 21 Tokoh Kristiani Inspiratif 2022 pilihan Narwastu yang digelar di Gedung Sopo Marpingkir, Jakarta, Jumat malam (13/1/2023).

“Terima kasih atas Narwastu yang memilih saya sebagai salah satu dari 21 Tokoh Kristiani Inspiratif. Kiranya melalui penghargaan ini semakin memotivasi saya untuk terus berkontribusi bagi keluarga, gereja, bangsa dan negara yang kita cintai ini,” ucap Tigor Tampubolon kepada Wartawan SIB usai mendapatkan penghargaan di Jakarta, Jumat, 13 Januari 2023.

Menurut Pimpinan Redaksi Majalah Narwastu, Jonro I Munthe SSos, Tigor Tampubolon, Pria kelahiran Deli Serdang, Sumatera Utara, 14 Desember 1968 ini, layak terpilih sebagai Tokoh Kristiani tahun ini lantaran dia adalah figur anak bangsa yang nasionalis, religius, kritis dan selalu menggaungkan agar umat Kristiani berani bersuara lewat panggung politik untuk menyampaikan aspirasinya.

Tigor, jebolan Fakultas Sastra USU ini, banyak terinspirasi dari ayahnya, (Alm) Ardin Tampubolon yang merupakan aktivis di Partai Kristen Indonesia (Parkindo) dan pengurus Persatuan Tani Kristen (Pertakin) di daerahnya.

tokoh kristiani inspiratif
Drs Tigor Tampubolon

Maka tak heran jika beberapa waktu lalu Tigor pernah mencoba terlibat aktif membangunkan kembali Parkindo 45 walaupun tidak berhasil menjadi peserta pemilu.

Tigor juga pernah aktif bersama sejumlah pimpinan parpol Kristiani di Forkris (Forum Komunikasi umat Kristiani) untuk mengupayakan penyatuan parpol-parpol Kristiani, seperti PDKB (Partai Demokrasi Kasih Bangsa), PDS (Partai Damai Sejahtera), Parkindo 45, PKDI (Partai Kasih Demokrasi Indonesia), Partai Kristen Demokrat dan beberapa parpol lain.

Benih-benih sebagai aktivis pemberani dan kritis sudah terlihat sejak Tigor masih di bangku SMA di Aek Nabara, Labuhan Batu, Sumatera Utara.

Ia pernah ditegur guru PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) dan Sejarahnya sampai menegurnya karena ia mengatakan bahwa film “G 30 S/PKI” berunsur hiperbola dan bermuatan propaganda politik Soeharto sebagai penguasa Orde Baru sehingga tidak memberi pencerahan sejarah yang objektif berdasarkan fakta sejarah pada penonton. Dan saat ini apa yang dikatakan dulu terbukti.

Pendiri HKBP Filadelfia

Masih ingat kasus HKBP Filadelfia Tambun yang dilarang beribadah dan sering didemo massa pada era tahun 2000 an. Ya, ternyata salah satu pendirinya Tigor Tampubolon. Bersama Pdt Armin Tulus Sihite, HKBP Filadelfia didirikan pada 16 April 2000 dan menjadi pagaran HKBP Resort Duren Jaya.

Tigor didaulat sebagai pimpinan jemaat (guru huria) HKBP Filadelfia sejak didirikan 2000 hingga tahun 2003. Pun, rapat rapat proses pembentukan dan pendirian jemaat HKBP Filadelfia dilakukan di rumah Tigor Tampubolon di Perumahan Villa Bekasi Indah 2, Tambun, Bekasi.

Bahkan rumahnya pernah dijadikan sebagai tempat peribadatan pertama dan sebagai pusat administrasi HKBP Filadelfia. Namun dalam perjalanannya, HKBP Filadelfia mengalami teror masif dari sekelompok massa intoleran sehingga peribadatan HKBP selalu terganggu.

Bahkan, rumah Tigor sempat digeruduk sekelompok massa dan diancam dibakar sehingga anak-anak dan istrinya ketakutan. Waktu itu, aksi massa begitu massif untuk menghentikan kegiatan ibadah HKBP Filadelfia. Begitu masifnya penganiayaan terhadap gereja saat itu disebabkan penegakan hukum yang kurang tegas.

Peduli Budaya Batak

Disela-sela kesibukannya sebagai pengusaha, Tigor Tampubolon masih menyempatkan diri untuk mengupayakan pelestarian Budaya Batak dengan menggelar Kongres Kebudayaan Batak Toba I pada tanggal 20-23 Oktober 2022 di TB Silalahi Centre, Balige.

Bersama Prof Dr Robert Sibarani sebagai Ketua Umum Panitia Kongres Kebudayaan Batak Toba I, Tigor Tampubolon dipercayakan sebagai Sekretaris Umum yang menjadi salah satu motor suksesnya acara tersebut.

(Vic)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.