Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia diresmikan, Panusun Pakpahan terpilih Ketua Umum

Kombes Purn Panusunan Pakpahan
Ketua Dewan Penasihat St Mangala Pakpahan (Kiri) menyerahkan Pataka kepada Kombes (Purn) Panusunan Pakpahan terpilih aklamasi sebagai Ketua Umum Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia

SuaraHKBP.com  | Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia diresmikan dan Drs Kombes (Purn) Panusun Pakpahan SH, MH, MM, terpilih aklamasi menjadi Ketua Umum dalam Musyawarah Pertama yang diadakan di Hotel 678, Jakarta, Minggu, 30 Oktober 2022.

Sebelum peresmian, digelar Ibadah Minggu dengan kotbah dibawakan oleh Pdt Sabar Tumpal P Siahaan, STh, MBA.

Keseluruhan acara dinaungi Tema: “Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun.” Subtema: Melalui Punguan Pakpahan Hutaraja dohot Boruna Sedunia, anggota bersatu, hidup rukun dan damai.

Dalam ibadah ini keluarga besar Hutaraja Sedunia diajak melihat sejarah kehidupan ompung terdahulu dimana tentu ada sejarah kelam yang tidak dapat ditutupi, tetapi dengan ibadah ini seluruh pomparan ini memohon kepada Tuhan untuk dikuatkan dan dimampukan melihat kehidupan ke masa depan dan tidak terbelenggu sejarah masa lalu.

Usai ibadah diadakan peresmian Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia yang dimulai dengan pelantikan pengurus Dewan Penasihat yang diketuai oleh St Drs Mangala Pakpahan.

Mangala Pakpahan
Pengesahan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD ART) organisasi

Dilanjutkan dengan Pengesahan Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD ART) organisasi yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Penasihat St Drs Mangala Pakpahan yang sebelumnya adalah Ketua Tim 13 Punguan Pakpahan Hutaraja Sedunia.

Sebelum memasuki proses pelantikan Ketua Umum Punguan Pakpahan Hutaraja Sedunia, St Drs Mangala Pakpahan menyampaikan proses Pra Musyawarah pada tanggal 17 Oktober 2022 dimana diajukan dan diminta kesediaannya dua calon ketua umum yakni Dr Robert Pakpahan dan Kombes (Purn) Panusun Pakpahan.

Mangala melanjutkan, namun akhirnya Dr Robert Pakpahan minta Kombes Purn Panusun Pakpahan untuk mengemban tugas sebagai ketua umum.

“Dengan demikian Dewan Penasihat dalam Pra Musyawarah memutuskan Kombes (Purn) Panusun Pakpahan menjadi calon tunggal Ketua Umum Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia,” ujarnya.

Proses pelantikan saat itu juga dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Penasehat St Mangala Pakpahan.

“Selaku Ketua Dewan Penasihat Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia, Saya melantik Kombes (Purn) Panusun Pakpahan sebagai Ketua Umum yang pertama Punguan Pakpahan Hutaraja dohot Boruna Sedunia Periode 2022-202. Dilantik pakai Tongkat Panaluan sebagai lambang kepemimpinan yang bijaksana (Namarsahala) dan dilantik dengan Pataka sebagai lambang kesatuan seluruh keturunan Pakpahan Hutaraja Sedunia untuk kemajuan dan kesejahteraan. Tuhanlah yang membimbing dalam melaksanakan tugas saudara,” kata St Mangala Pakpahan dalam proses pelantikan.

Pakpahan
Drs Kombes (Purn) Panusun Pakpahan SH, MH, MM bersama istri

Ketua Umum Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia Kombes (Purn) Panusun Pakpahan pun menjawab, “Pada hari ini tanggal 30 Oktober 2022 saya Panusun Pakpahan, Kombes purnawirawan telah menerima tugas tanggung jawab sebagai Ketua Pakpahan Hutaraja dohot Boruna Sedunia Periode 2022-2027. Saya akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab, semoga Tuhan menolong saya.”

Usai pelantikan, diadakan Pembacaan Deklarasi Tarombo Pakpahan Hutaraja Sedunia oleh Ketua Umum terpilih Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia Kombes (Purn) Panusun Pakpahan dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Toga Pakpahan bersama-sama.

Dalam sambutan sebagai Ketua Ketua Umum terpilih Punguan Pakpahan Hutaraja Dohot Boruna Sedunia, Kombes (Purn) Panusun Pakpahan menyampaikan akan mewujudkan Toga Raja Pakpahan yang dicita-citakan. “Program baik kedalam maupun keluar akan segera dituntaskan,” katanya.

Pakpahan
Mayor Jenderal (Purn) Sumiharjo Pakpahan memberikan kata sambutan.

Sementara Mayor Jenderal (Purn) Sumiharjo Pakpahan berharap menjadikan Punguan Pomparan Pakpahan Hutaraja Sedunia ini sebagai durian madu yang diingini dan diimpikan sehingga semua perantau kembali pulang ke rumahnya.

“Ini bukan hanya tugas Ketua Umum, Tapi kita semua ikut juga berdoa agar pulang para perantau yang tidak tahu lagi rumahnya, dan pulang ke Amangna,” tegasnya.

Pakpahan
Dr Robert Pakpahan didampingi istri memberikan kata sambutan

Sedangkan Dr Robert Pakpahan, Mantan Dirjen Pajak, mengapresiasi Punguan Pakpahan Hutaraja ini telah mendapatkan capaian besar.

“Kebersamaan (kesatuan) ini sangat sulit di marga-marga. Jadi, kalau bisa Punguan Pakpahan Hutaraja Sedunia bersatu ini untuk memilih para penasihat, membuat AD ART, memilih Ketua Umum dan juga nanti akan menyiapkan program-program kerjanya, maka ini adalah suatu capaian yang besar yang patut kita syukuri. Jadi saya berharap pertahankanlah sada tahi (kebersamaan) ini,” tandasnya.

(Victor)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.