Pisah Sambut Pendeta HKBP Kapuk Sawah

hkbp kapuk sawah
Praeses Pdt B Manik, paborhathon Pdt Sampe Waruwu

SuaraHKBP.com | Pisah sambut pendeta jemaat HKBP Kapuk Sawah, Pdt Sampe Waruwu, dengan Pdt Bonar Napitupulu. Pdt Sampe Waruwu pindah tugas menjadi pimpinan jemaat di Pos Pelayanan HKBP Shalom Wamena Resort  Papua Distrik XVII Indonesia Bagian Timur.  Penggantinya Pdt Bonar Napitupulu, yang sebelumnya melayani di HKBP Taman Mini.

Kebaktian Minggu dipimpin Pdt Abednego Sirait, Pendeta Resort HKBP Kebun Jeruk. Kotbah oleh Pdt Bernard Manik, Praeses Distrik DKI Jakarta.

Praeses Pdt Bernard Manik dalam kotbah yang diambil dari Kisah Para Rasul 9: 36-43, mengatakan, kuasa Tuhan yang membangkitkan Tabitha dari kematian melalui rasul Petrus. Tabitha melakukan kebaikan kebaikan selama hidupnya banyak membantu janda-janda miskin. “Marilah berbuat baik semasa hidup kita yang masih diberikan Tuhan kepada kita,seperti Tabitha,” kata Pdt Bernard.

hkbp kapuk sawah
Pemberian cendramata oleh parhalado HKBP Kapuk Sawah

Saat sambutan perpisahan, Pdt Sampe didampingi oleh istrinya Diana Sihombing menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga jemaat serta parhalado HKBP Kapuk Sawah yang begitu baik mendukung pelayanan  selama satu tahun delapan bulan.

Pdt Sampe beristrikan Diana Sihombing. Dikarunia dua orang putri: Tabitha Gracia Waruwu (5 tahun)  dan Dorothy Agape Waruwu (3 tahun)

Ia menjelaskan, ketika menerima SK  dari pucuk pimpinan yang ditugaskann ke Pos Pelayanan Shalom di Wamena, sulit diterima dan bertolak belakang dengan apa yang  dipikirkan. Lalu menyampaikan kepada Pendeta Resort HKBP Kebun Jeruk, juga kepada Praeses  Distrik DKI dan memohon kepada Ompui Ephorus HKBP, agar SK-nya dipertimbangkan.

hkbp kapuk sawah
Saat sambutan perpisahan dari Pdt Sampe Waruwu dan istri Boru Sihombing

Namun ketika mencoba mencari alasan menolak,  malah bertambah gelisah dan tidak merasa tenang, seperti ada beban berat. Bahkah merasakan seperti mendapat teguran  dari Tuhan ketika mencari-cari alasan menolak SK. Kotbah yang selama ini disampaikan seperti dikembalikan Tuhan kepada dirinya sendiri. “Setelah  seminggu kami bergumul kemudian saya berjanji kepada Tuhan, olo rade ma au suruonMu. Saat itu juga beban berat dan rasa khawatir pun berangsur lenyap,” kata Pdt Sampe Waruwu di hadapan warga jemaat.

Ia menambahkan, selama 16 tahun pendeta, pertama sekelai ditugaskan ke Pulau Rupat sebagai pendeta sending, 2006. “Sekarang ditugaskan ke Wamena, saya merasakan sama seperti bersanding,”ujarnya.

Ditugaskan ke Pulau Rupat, 2006, saat ini ditugaskan ke Wamena, sama seperti bersending dulu ke Pulau Rupat. Jumlah anggota jemaat yang terdaftar  40 kepala keluarga, tapi simpatisan ada 400 orang. Banyak orang Batak yang menrantau di  Wamena. “Doakanlah kami agar pembangunan gereja berjalan lancar Pos Pelayanan Wamena,” ujar Pdt Waruwu.

hkbp kapuk sawah
Doa penutup oleh Praeses(tengah)

Ia menyampaikan selamat melayani kepada Pdt Bonar Napitupulu.  Pdt Sampe menceritakan, ketika sermon parhalado, sempat muncul niat menolak SK. Saya jelaskan, jangan kalian lakukan itu. Bukan karena Pdt Waruwu kalaupun ada kemajuan di gereja ini. Semua itu karena kebaikan Tuhan melalui parhalado dan ruas. “Posma rohamuna ummalo sian au suruon ni Tuhan i. Jala hutanda do Pdt Bonar Napitupulu. Nunga godang pengalaman panghobasion. Pasti lebih berkembang dan lebih maju HKBP Kapuk Sawah.  Ndang sala mamilit pucuk pimpinan manugashon Pdt Bonar tu HKBP Kapuk Sawah. Urupi hamu ma amang Pdt Bonar asa berhasil,” kata Pdt Sampe saat menyampaikan sambutan perpisahan.

Pdt Sampe juga menyampaikan terima kasih kepada warga jemaat HKBP Kapuk Sawah atas kerjasama yang baik selama ini dan yang mendukung pelayanannya.

Ia juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pdt  Abednego Sirait, sebagai uluan HKBP Resort Kebuh Jeruk, yang banyak memberikan bimbingan dan dukungan di bidang pelayanan. “Mohon dimaafkan jika ada yang kurang lebih dalam pelayanan kami selama ini,” ucapa Pdt Sampe.

hkbp kapuk sawah
Pdt Sampe bersama keluarga.

Ucapan yang sama disampaikan kepada Praeses Pdt B Manik, yang melayani acara pemberangkatkan ke tempat pelayanan yang baru. “Mohon kami didoakan agar pelayanan saya lebih baik lagi di tempat yang baru di Papua,” kata Pdt Sampe.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Lansia HKBP Kebun Jeruk, HKBP Taman Mini yang turut mengantarkan hamba Tuhan Pdt Bonar ke HKBP Kapuk Sawah. Terima kasih kepada pendeta senior saya dari HKBP Taman Mini.

Pdt Bonar didampingi istri Boru Panjaitan, saat memperkenalkan diri,   menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga jemaat dan parhalado HKBP Kapuk Sawah atas sambutan penuh sukacita. “Doakan kami agar bisa melayani dengan baik di HKBP Kapuk Sawah dan bisa melanjutkan pelayanan Pdt Sampe terutama untuk pembangunan,” kata Pdt Bonar.

hkbp kapuk sawah
Koor Ina HKBP Kapuk Sawah

Pdt Bonar juga menyampaikan terima kasih kepada Praeses Pdt B Manik, atas pelantikannya menjadi pendeta jemaat  di HKBP Kapuk Sawah, Resort Kebun Jeruk, Distrik VIII DKI Jakarta Raya. Terima kasih kepada rombongan HKBP Taman Mini dan keluarga.

Mewakili parhalado HKBP Kapuk Sawah, St Haposan Sinaga, menyampaikan terima kasih kepada Pdt Sampe atas pelayanannya yang baik walalaupun merasa sedih karena baru sebentar melayani, tapi sungguh banyak kemajuan. Gibson Radjagukguk mewakili ruas juga menyampaikan terima kasih atas pelayanan Pdt Sampe selama ini.

Parhalado HKBP Kapuk Sawah memberikan kenang-kenangan berupa cincin emas kepada Pdt Sampe dan istri sebagai ucapan terima kasih  serta penghargaan dari huria selama melayani di HKBP Kapuk Sawah.

Praeses Pdt Manik, menyampaikan, selamat melayani di HKBP Kapuk Sawah kepada Pdt Bonar Napitupulu. Kiranya bisa membagikan pengalamannya selama ini sebagai pendeta resort dan sudah termasuk pendeta senior yang sudah banyak melayani di berbagai huria.

Dalam ibadah Minggu berkumandang Koor Lansia Maranatha HKBP Kebun Jeruk, PS Lansia Taman Mini, PS Solideo dari Kebun Jeruk, PS Ina Kamis Kapuk Sawah. Selama ibadah tetap  menjaga prokes 5M.

(Hotnida Siahaan)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.