Menengok HKBP Resort Ancol Podomoro Memasuki Usia Ke-40 Tahun

Menengok HKBP Resort Ancol Podomoro Memasuki Usia Ke-40 Tahun
Malam Ucapan Syukur HUT Ke-40 HKBP Resort Ancol Podomoro

Peringati HUT Ke-40, HKBP Ancol Podomoro menggelar “Malam Ucapan Syukur HUT Ke-40 HKBP Ressort Ancol Podomoro” bertepatan tanggal berdirinya gereja, yang diselenggarakan di Jalan Danau Agung, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta, Senin Malam (22/3/2021).

Mengusung tema “Hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan” (Filipi 2: 2b), acara berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelum malam ucapan syukur, diadakan Ibadah Ucapan Syukur Ke-40 Tahun HKBP Resort Ancol Podomoro dengan khotbah dibawakan Pendeta Resort Rijon M Siahaan, STh dan Liturgis Pendeta Fungsional Tamba H Samosir STh. Dilanjutkan dengan pemotongan kue ulang tahun yang dibagikan kepada para jemaat yang hadir.

Menengok HKBP Resort Ancol Podomoro Memasuki Usia Ke-40 Tahun
Pendeta Resort Rijon M Siahaan STh (Kiri) dan Pendeta Fungsional Tamba H Samosir STh

Pada Malam Ucapan Syukur, diadakan lelang lagu dengan menghadirkan penyanyi Artis Batak Ibukota yaitu Putri Silitonga dan Tagor Tampubolon serta dipandu MC Sandi Ebenezer Situngkir, SH, MH (Wakil Ketua Panitia).

Pendeta Resort HKBP Ancol Podomoro, Pdt Rijon M Siahaan STh memaparkan acara malam ini adalah rangkaian pertama dalam rangka HUT Ke-40 gereja ini, tepat pada tanggal 22 Maret 1981.

Turut hadir dalam malam ucapan syukur ini adalah masing-masing kategorial dari lima sektor yang ada di HKBP Resort Ancol Podomoro.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini yang hadir hanya utusan-utusan saja mengingat kapasitas gereja dan protokol kesehatan yang ketat,” ujar dia.

“Puncak HUT Ke-40 HKBP Ancol Podomoro akan diadakan Minggu (25/4) dalam bentuk Ibadah jam 10.00 pagi dan disiarkan live streaming,” tambahnya.

Menengok HKBP Resort Ancol Podomoro Memasuki Usia Ke-40 Tahun
Pembagian Kue HUT Ke-40 Tahun HKBP Resort Ancol Podomoro

Terkait tema HUT Ke-40, Rijon menjelaskan melalui tema ini diharapkan, “Agar Gereja HKBP Resort Ancol Podomoro dengan jumlah jemaat 334 KK atau 1300 jiwa ini bisa bergerak, sehati sepikir, satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan.”

Rijon menjelaskan pada Malam Ucapan Syukur HUT Ke-40 HKBP Resort Ancol Podomoro diadakan lelang lagu untuk pengumpulan dana perawatan bangunan gereja yang terdiri dari dua gedung.

“Sumber pendanaan untuk perawatan gedung ini kita upayakan saat momen ulang tahun ini dengan target yang terlalu besar-besaran,” kata dia.

Selain itu, menurut Rijon, ada juga kebutuhan membeli genset untuk mengantisipasi mati lampu ketika ibadah.

“Genset ini penting lantaran acapkali adanya pemadaman listrik manakala ada momen perayaan besar seperti Natal dan Paskah. Seperti tahun lalu, waktu Perayaan Natal ketika penyalaan lilin dan lagu Malam Kudus, tiba-tiba mati lampu. Semua jadi kewalahan. Dengan adanya genset ini nanti akan membantu sekali,” kata dia.

Rijon berharap HKBP Resort Ancol Podomoro yang memasuki usia ke-40 tahun ini terus berkembang maju.

“Kiranya semua arah pelayanan terus berkembang. Dan persekutuan di HKBP Ancol Podomoro semakin meningkat, baik dalam kuantitas, terlebih lagi dalam hal kualitas. Saya yakin itu bisa terjadi, jika masing-masing jemaat dan majelis bisa satu hati, satu pikiran, satu kasih dan satu tujuan,” tegas dia.

HKBP Ancol Podomoro akan semakin semangat dalam pelayanan di dalam bersekutu dengan segala aktivitas pujian kepada Tuhan.

Menurut Rijon, HKBP Ancol Podomoro sudah meningkatkan bentuk ibadahnya. Ada ibadah Minggu pagi berbahasa Indonesia dan Batak, dan ibadah variatif pada sore hari.

“Variasi ibadah ini dibuat untuk mengakomodir semua kerinduan jemaat yang ingin beribadah dengan konsep berbeda,” kata dia.

Lebih jauh Rijon mengutarakan pada Ibadah Minggu Pagi Pukul 07.30 WIB diselenggarakan dengan Bahasa Indonesia. Karenanya, kidung pujian menggunakan Buku Kidung Jemaat yang diterbitkan Yamuger.

“Melalui Ibadah Bahasa Indonesia ini, jika ada jemaat dari gereja lain yang ingin ibadah di gereja ini, mereka tidak menganggap dirinya asing. Diharapkan mereka akan bisa menjiwai, bisa menikmati dan lebih khusuk dalam ibadah, oleh karena paham, mengerti dan merasa dirinya ada di dalamnya,” ujar dia.

Setelah itu, Ibadah Minggu Pagi Bahasa Batak dimulai jam 10.00 WIB. Juga, pada Ibadah Minggu pagi diadakan juga Ibadah kategorial Sekolah Minggu dan Remaja.

Sedangkan Ibadah Minggu Sore adalah ibadah variatif. Sumber nyanyian dan musiknya pun berbeda.

“Ibadah variatif ini diiringi oleh tim musik full band dan dipimpin oleh song leader. Lagu rohani juga variatif, ada dari Buku Ende, Kidung Jemaat dan lagu-lagu populer rohani. Melalui ibadah variatif ini juga diharapkan para jemaat yang beribadah di gereja ini bisa merasa khusuk,” jelas dia.

Hal senada dikatakan Ketua Panitia, Janri Gandas Sibuea. Menurutnya, acara Malam Syukur HUT Ke-40 HKBP Ancol Podomoro disertai dengan pengumpulan dana ini diadakan dalam rangka mendukung pelayanan gereja, terlebih khusus untuk perawatan gedung gereja.

“Puji Tuhan, pengumpulan dana malam ini bisa terkumpul sebanyak 25 juta rupiah. Adapun target dana yang ingin dicapai adalah kisaran 250 juta rupiah,” kata dia.

Menurut Janri, beberapa sumber pengumpulan dana. Diantaranya, taken list, malam dana, penjualan bazaar dan toktok ripe.

“Malam dana kita lakukan hari ini. Sementara bazaar sudah berjalan 3 minggu lalu,” ujar dia.

Janri melanjutkan Puncak HUT Ke-40 akan diadakan pada Minggu, 25 April 2021, dengan menggelar ibadah. “Pada momen HUT Ke-40 ini, saya berharap semua jemaat sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan,” tandasnya.

Penampilan Wakil Ketua Panitia, Sandi Ebenezer Situngkir SH, MH, sebagai MC dalam Malam Ucapan Syukur menambah semarak dan suksesnya kegiatan lelang lagu bersama para artis.

Harapan serupa juga diutarakan oleh Sandi pada momen HUT Ke-40 HKBP Ancol Podomoro. “Kiranya semua jemaat sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa dan satu tujuan dalam mengarungi bahtera pelayanan di gereja ini,” tandas mantan Ketua Seksi Ama HKBP Ancol Podomoro yang sukses berkarir sebagai pengacara ini.

(VA)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.