Departemen Diakonia HKBP Mangupa-upa Korban Angin Puting

Anak Sekolah Minggu menerima buku dan alat tulis dari Departemen Diakonia HKBP
Anak Sekolah Minggu menerima buku dan alat tulis dari Departemen Diakonia HKBP

Departemen Diakonia HKBP, bersama Distrik XXII Tanah Alas dan HKBP Resort Lawe Ponggas memberikan upa-upa kepada penduduk Desa Panosan, Kecamatan Lawe Ponggas, Aceh Tenggara, Minggu (11/10) Desa ini beberapa waktu lalu ditimpa bencana alam angin puting beliung. Akibat angin puting yang melanda desa ini beberapa rumah dan sawah rusak parah.

Korban bencana ada 51 kepala keluarga. Anggota jemaat HKBP Lawe Ponggas, 28 kepala keluarga selebihnya anggota jemaat HKI, GBI dan Pantekosta. Semua korban di-upa-upa dan diberikan boras sipir ni tondi.

Acara mangupa-upa didahuli dengan memberikan dekke (ikan mas) untuk setiap korban bencana. Kemudian makan bersama dengan warga Panosan baik yang korban maupun yang tidak terkena bencana.

Usai makan bersama dilanjutkan dengan memberikan; boras sipir ni tondi dan ringgit sitio soara (uang)

Pada kesempatan itu, kepada korban diserahkan bantuan yang didahului kepada anak Sekolah Minggu. Sebelum menerima bantuan, anak sekolah Minggu bernyanyi dan berdoa sekaligus untuk menghibur mereka dan para orang tua.

Suasana mangupa-upa para korban angin puting beliung
Suasana mangupa-upa para korban angin puting beliung

Bantuan yang diterima anak Sekolah Minggu berupa buku dan alat tulis. Khusus alat tulis disumbangkan Kepala Departemen Diakonia HKBP berupa uang.

Selanjutnya bantuan diserahkan kepada setiap kepala keluarga. Bantuan yang diserahkan sesuai besaran kerugian. Jumlah yang diterima setiap keluarga tidak sama.

Bantuan diserahkan Pdt Debora Sinaga Kadep Diakonia HKBP, Pdt Julson Pasaribu, Praeses Distrik Tanah Alas, Pdt Bintan Siagian, Pendeta Resort HKBP Lawe Sigalagala, Pdt Benny Bonani Aek Siagian, Pendeta Resort HKBP Lawe Ponggas).

Hadir juga Pdt Henry Sihotang, Pendeta Resort HKI Kuta Cane, majelis jemaat GBI dan Pantekosta. Selain itu, hadir juga kepala desa, Babinsa, dan majelis HKBP Lawe Ponggas. (palti.p)

 

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.