Sinode HKBP Distrik DKI Akan Pilih 65 Utusan Sinode Godang, Termasuk Lima Calon Praeses

“Karena itu kami berharap agar kita bersama-sama saling menopang satu sama lain dalam memahami dan menerapkan aturan peraturan tersebut sehingga berjalan dengan sopan dan teratur serta menjadi persembahan yang harum bagi Sang Empunya Gereja,”

Sinode HKBP Distrik DKI Akan Pilih 65 Utusan Sinode Godang, Termasuk Lima Calon Praeses
Praeses HKBP Distrik DKI Jakarta Raya Pdt Midian KH Sirait MTh dalam Pembukaan Sinode Distrik DKI Jakarta di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta, 18 Agustus 2020

Sebanyak 53 Resort HKBP menghadiri Sinode HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya yang berlangsung di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta, 18-20 Agustus 2020. Seusai dengan protokol kesehatan, semua peserta yang hadir mengenakan masker dan face shield serta duduk berjarak.

“Sinode Distrik ini untuk pertama kali menggunakan Aturan Peraturan HKBP 2002 setelah Amandemen III yang berlaku sejak 1 Januari 2020. Tentu ada perbedaan signifikan antara Aturan Peraturan HKBP 2002 setelah Amandemen I dengan Aturan Peraturan HKBP 2002 setelah Amandemen III,” ujar Praeses HKBP Distrik DKI Jakarta Raya, Pdt Midian KH Sirait, MTh, dalam pembukaan Sinode HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya di Hotel Novotel, Jakarta, Selasa Malam (18/8).

Perbedaan itu, lanjut Pdt Midian KH Sirait, salah satunya tampak dalam aturan pelaksanaan Sinode pemilihan baik ditingkat distrik maupun hatopan.

“Karena itu kami berharap agar kita bersama-sama saling menopang satu sama lain dalam memahami dan menerapkan aturan peraturan tersebut sehingga berjalan dengan sopan dan teratur serta menjadi persembahan yang harum bagi Sang Empunya Gereja,” kata dia.

Menurut Midian, berbeda dengan sinode kerja tahunan, Sinode Distrik saat ini merupakan salah satu siklus empat tahunan dalam gereja HKBP.

“Kita menyadari hampir setiap menjelang periodisasi di HKBP begitu terasa dinamika ditengah-tengah gereja-Nya. Muncul kepelbagaian berpikir dan berpendapat ditengah-tengah komunitas pelayan dan jemaat-Nya. Namun hendaknya kepelbagaian itu semakin mematangkan cara pandang kita membaca tantangan dan peluang gereja-Nya ditengah perubahan yang cepat dan dahsyat khususnya di era revolusi industri 4.0,” kata dia.

Midian mengutarakan HKBP Distrik DKI Jakarta Raya yang terdiri dari 53 Resort ini mendapat jatah 65 utusan Sinode Godang yang akan digelar di Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara, 19-25 Oktober 2020.

“Kita mendapat jatah 65 utusan Sinode Godang yang terdiri dari 32 pendeta dan 32 non pendeta yang dipilih dalam Sinode Distrik serta ditambah praeses. Mereka lah yang nanti akan berangkat ke Sinode Godang,” kata Midian seraya menambahkan pada sinode distrik saat ini juga dipilih lima calon praeses HKBP DKI Jakarta Raya.

Adapun tema sinode distrik: “Aku melupakan apa yang di belakangku dan mengarahkan diri kepada yang dihadapanku”, dan subtema: “HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya menjadi lokomotif melupakan apa yang telah berlalu dan mengarahkan diri kepada panggilan Kristus dalam mereposisi Pekabaran Injil di era Revolusi Industri 4.0.”

(Ambarita)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.