Cikal Bakal Berdirinya BATAN

Cikal Bakal Berdirinya BATAN

SuaraHKBP.com  | Cikal-bakal berdirinya Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) diawali dengan pembentukan Panitia Negara untuk penyelidikan Radioaktiviteit, yaitu dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 230 Tahun 1954, pada 23 November 1954.

Panitia ditugaskan melakukan penyelidikan Radioaktivitet dan menyelidiki pemakaian tenaga atom sebagai energi yang baru dalam masa pembangunan negara.

Selain itu, juga memberi penerangan kepada masyarakat tentang tenaga atom dan akibat-akibatnya dalam waktu damai dan dalam waktu perang, serta memberi laporan kepada pemerintah tentang hasil-hasil penyelidikan tersebut.

Artinya, pemerintah sudah bertekad sejak awal untuk melindungi masyarakat dan lingkungan dari setiap kemungkinan ancaman peningkatan radiasi (radioaktivitet) di masyarakat dan lingkungan. Pemerintah sudah memberikan perhatian untuk memanfaatkan tenaga atom (nuklir) sebagai energi baru.

Bahkan pada saat peletakan batu pertama pembangunan reaktor riset di Bandung pada 1961, Presiden RI Soekarno menyampaikan; “Kalau ingin pertahankan perdamaian, pergunakan nuklir untuk kesejahteraan.” Dikutip dari buku sejarah Batan-Bandung, Nyukcruk Galur Batan Bandung, 2018.

Hingga saat ini, BATAN tetap konsisten dengan prinsip bahwa dalam setiap melakukan aktivitas nuklir maupun pengoperasian fasilitas nuklir harus lebih dahulu diawali dengan tersedianya laporan analisis keselamatan, sebagai jaminan keselamatan, baik untuk nuklir maupun radiasi, bahwa masyarakat dan lingkungan tidak akan terkena dampak radiasi.

Bila hasil analisis keselamatan tidak memenuhi syarat perlindungan terhadap masyarakat dan lingkungan maka aktivitas dan fasilitas nuklir tersebut tidak diizinkan beroperasi.

Jadi jangan pernah ragu bahwa satu saat Indonesia akan mengunakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dengan tingkat keselamatan yang tinggi. (J Pane)

 

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.