Uangmu Adalah Uangku Juga

Quote : Jangan pura-pura tidak tahu, uang sebagai alat bantu untuk kelancaran proses kehidupan keluarga, jadi kalau mau lancar kasih uang sama istri tercinta maka emasmu bertambah.

Tiga Kantong Mengatur Keuangan Pribadi
Matdio Siahaan

Uangmu adalah uangku juga. Ucapan seperti ini sering terdengar dalam percakapan antara suami dan istri. “Ini uang hasil pekerjaanku,” kata suami kepada istrinya. Dengan tulus, saya serahkan semuanya kepadamu. Tapi di luar dari itu adalah uang laki-laki yang masuk ke dompetnya tentunya.

“Itu tidak benar pak. Uangmu semua, entah gajimu atau di luar gajimu itu adalah uangku juga. Jadi semua berikan semuanya kepadaku,” kata istrinya. Suami diam sambil mengelus dadanya.

“Jadi saya dapat berapa dari gaji saya? Masa di kantongku tidak ada?” Kasian ya, sementara dia yang mencari tapi tidak kuasa menerima bagian dari gajinya.

Perbincangan semacam ini masih muncul di dalam keluarga sampai sekarang. Perlu dicari solusi dan keputusan bersama. Ketika uang suami adalah uang istri maka isi dompet menjadi tanggung jawab istri. Jika sudah kosong seharusnya diisi karena istri bendahara keluarga.

Permasalahannya, apa setiap kosong isi dompet harus lapor kepada istri ? Atau satu kali diisi untuk keperluan sebulan? Soalnya kalau setiap habis/kosong laporan kepada istri, maka kita sebagai suami harus siap-siap diomeli sang istri dan siap dibombardir dengan seribu satu macam pertanyaan. Untuk apa, beli apa, kenapa cepat habis, baru kemarin. Cuma mikir sendiri tidak bisa mengatur keuangannya, semua ludes, kok tidak ada yang tersisa, padahal gajian masih lama.

Sayang persoalan seperti ini sering berlalu tanpa banyak tanya. Saling menutupi dan saling mengerti isi dompet masing-masing. Kalau tidak jelas isi dompet bisa pemicu salah paham di tengah-tengah keluarga. Uang perlu untuk segala-galanya, tapi ingat bukan uang segala-galanya. Itu kata istri yang baik hati.

“Jadi semua ke saya dulu dan saya harus tahu semuanya. Jangan ada pemasukan atau pengeluaran tanpa saya tahu,” kata sang istri yang baik.

Di rumah, istri sangat dihormati, dalam mengatur semua kebutuhan keluarga, karena fungsinya sangat dibutuhkan sebagai manager keuangan yang jujur dan bijak. Ia juga sebagai master chef yang memasak untuk keperluan keluarga, dan sebagai inspirator untuk investor demi keberlangsungan keluarga. Jadi benar kalau istri semua harus tahu sebagai ibu rumah tangga.

Quote :

Jangan pura-pura tidak tahu, uang sebagai alat bantu untuk kelancaran proses kehidupan keluarga, jadi kalau mau lancar kasih uang sama istri tercinta maka emasmu bertambah.

St Matdio Siahaan. Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

1 Comment

  1. Tapi kalau uang tersebut di serahkan semuanya….utk memintanya utk kebutuhan kita mendadak akan susah mendapatkannya.karna pintu masuk yg ada utk puro puro nya dan pintu keluar sepertinya susah…he..he…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.