Kaldera Toba Masuk Unesco Global Geopark 

Kaldera Toba Masuk Unesco Global Geopark 

Ketua Umum DPP Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) St Edison Manurung, menyampaikan selamat atas lolosnya Geopark Kaldera Toba, yang sudah ditetapkan  lulus masuk ke UNESCO di Paris, Selasa (7/7)

Untuk menyukuri kelulusan ini, KMDT akan membentuk kelompok tani Paragat untuk uji coba di Kecamatan Lumbanjulu sekitarnya bekerja sama dengan para  kepala desa, tokoh adat, tokoh agama sebagai percontohan.

Setelah itu, program yang sama akan diadakan di Kabupaten Se-Kawasan Danau Toba untuk mendukung pengembangan keparawisataan berbasis Geopark, termasuk minuman tuak, nira, gula merah, sebagai produk turunannya.

Kaldera Toba Masuk Unesco Global Geopark 
Ketua Umum KMDT bersama pengurus

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan budidaya pohon aren. Penyelamatan tanaman khas Toba, lingkungan serta luak/galot pemakan buah enau, sebagai salah satu binatang yang tangguh dalam pengembangan, penyebaran  benih enau ke lembah curam dan bukit terjal. “Tuak akan kita buat percontohan yang higienis dan halal,” kata Edison.

Akan diadakan festival tuak kelompok tani  Paragat dan hasilnya akan dipatenkan oleh DPP KMDT program ini di bidang koperasi dan UKM DPP Komite Masyarakat Danau Toba untuk memperdayakan ekonomi rakyat di Kawasan Danau Toba.

(Magdalena M)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.