Hati yang Gembira Obat Manjur

"Hati yang gembira adalah obat manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." Amsal 17: 22. "A cheerful heart is a good medicine, but a downcast spirit dries up the bones." Provers 17: 22.

Hati yang Gembira Obat Manjur

SuaraHKBP.com | Selain hidup sehat dan mengisolasi diri di rumah serta menghindari kerumunan pada kondisi pandemi Covid 19, sangat baik jika tetap menjaga suasana hati yang gembira. Sebab ternyata, hati yang gembira adalah obat manjur.

Soalnya, orang yang selalu gembira biasanya tak suka berpikir negatif tapi senantiasa berpikir postif. Hebatnya berpikir positif dapat memacu semangat, bahkan mampu merontokkan kebencian, fitnah dan apalagi hujatan. Pokoknya semua pikiran yang aneh-aneh akan kabur dan tersingkir.

Baca Juga: Menulis Buku Gampang Susah

Rupanya bukan itu saja khasiat hati yang gembira; tidak gampang stres, tidak gampang panik, ketakutan, waswas, cemas dan kekhawatiran yang berlebihan. Makanya orang yang hatinya gembira terdapat tubuh yang sehat, karena imunitas tubuhnya berfungsi sempurna menjaga virus yang ingin menyerangnya.

Berdasarkan keterangan dokter, orang yang stres, panik, ketakutan, khawatir, cemas, gelisah dan waswas yang berlebihan akan menurunkan imunitas dalam tubuh. Akibatnya gampang diserang penyakit infeksi, virus, bakteri dan racun.

Asal tau saja, dalam tubuh kita terdapat antibodi yang terkoneksi dengan sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap berbagai serangan penyakit.

Baca Juga: Cerpen: Sandal Jepit Warna Biru

Selain antibodi ada juga sel darah putih (leukosit) yang aktif membantu tubuh melawan berbagai penyakit infeksi. Imunitas, antibodi dan sel darah putih ini, biasanya saling lapor kalau ada yang aneh masuk ke dalam tubuh. Masing- masing dengan sigap membuat benteng pertahanan dan segera mengeroyok virus sampai modar.

Tapi jangan silap, imunitas atau kekebalan tubuh akan kuat melawan virus apabila; tidak sering stres, panik, ketakutan, khawatir, cemas berlebihan termasuk menyebar kebencian.

Sedihnya jika pikiran selalu negatif, suka menyebar kebencian, dengki dan gemar memitnah jangan harap daya tahan tubuh kebal terhadap penyakit. Justru imunitas anjilok dan tak berdaya. Loyo dan malas bergerak.

Baca Juga: Warga Digital di Era Media Oline

Agar imunitas tubuh ampuh, ya silahkan berpikir positif. Singkirkan pikiran negatif sekarang juga. Soalnya pikiran negatif, menambah beban berat imunitas tubuh menjadi merosot ke level tidak normal.

Selanjutnya silahkan rutin olah raga, hidup sehat, cukup istirahat, tidak merokok, minum alkohol, perbanyak makan sayur dan buah. Rajin berdoa memohon kekuatan dan perlindungan kepada Tuhan Yang Mahakuasa.

“Hati yang gembira adalah obat manjur.” bas

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.