Ephorus HKBP Lantik Panitia Lomba Cipta Lagu Batak

Lomba Cipta Lagu Batak

SUARAHKBP.COM, JAKARTA – Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing melantik, Panitia Lomba Cipta Lagu Batak, yang berlangsung di Sopo Marpingkir, Jakarta, (24/7)

Lomba Cipta Lagu Batak yang diselenggarakan HKBP ini bertema; “Holong mar-Tuhan/ marhuria, Holong marnatuatua, Holong marianakkon, Holong marhahamaranggi, Holong maradophon dongan jolma, Holong dihabatahon.

Ketua Umum Panitia Lomba Cipta Lagu Batak, Sukur Nababan.

Sebelum pelantikan, diadakan ibadah. Kebaktian dipimpin Pdt Sahat P Nababan. Kotbah disampaikan Praeses Distrik 8 DKI Jakarta, Pdt Midian KH Sirait.

“Lomba ini kiranya berdampak secara nasional sebab lewat lagu dan nyanyian bisa merombak cara pikir dan pandang manusia. Seperti Kitab Mazmur yang meliputi; 150 pasal berisi nyanyian dan ucapan syukur,” kata Midian.

Ephorus  Darwin Lumbantobing,  berharap,  lomba cipta lagu Batak ini, mampu menghasilkan lagu-lagu yang berkarakter kristiani. Musik lagu baik berupa intonasi, ritme, melodi dan syair bisa membangun karakter.

“Tidak heran jika penyanyi sekaligus pencipta lagu acap disebut pengotbah yang bisa mengubah karakter manusia melalui lagu-lagu ciptaannya,” kata Pdt Darwin.

Ia menyayangkan masih ada syair lagu, terlebih khusus lagu Batak, yang justru tidak membangun karakter.Padahal syair lagu itu, sangat menentukan dalam membangun karakter. “Begitu syair lagu diciptakan dan dinyanyikan maka syair itu menjadi milik publik, bukan si pencipta lagu itu lagi,” tandasnya.

Ketua Umum Panitia Lomba Cipta Lagu Batak HKBP, Sukur Nababan mengutarakan ide lomba ini merupakan hasil bincang-bincang dengan Ephorus Darwin Lumbantobing dalam suatu pertemuan.

Ephorus HKBP mengatakan, terkadang penyanyi lebih jago mengubah karakter manusia melalui lagu-lagu ciptaannya. “Melalui perbincangan dengan ephorus ini, muncullah inspirasi untuk membuat lomba cipta lagu Batak di mana HKBP sebagai penyelenggara,” kata Sukur yang juga Ketua Badan Pendidikan dan Pemberdayaan HKBP ini.

Lomba ini untuk memeriahkan kegiatan; Tahun Pendidikan dan Pemberdayaan HKBP 2017.  Sukur berharap bisa dihasilkan lagu-lagu yang mengandung poda positif bagi semua orang Batak, terlebih khusus bagi warga HKBP.

Bernard Banjarnahor, Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan Lomba Cipta Lagu Batak,  menjelaskan,  lomba berhadiah ratusan juta rupiah rencananya semi final akan digelar di Sopo Marpingkir, Jakarta, 3 November 2017, sedangkan babak final di The Rizt Carlton, Jakarta, 17 November 2017.

Lomba ini bebas diikuti oleh pencipta lagu dari segala daerah dan umur serta berstatus WNI. “Semua syair lagu harus menggunakan bahasa Batak dan tidak boleh dicampur bahasa Indonesia atau bahasa lainnya,” ujar personil Trio RNB ini.

Pendaftaran yang dibuka; 24 Juli 2017 sampai 24 Agustus 2017. Biaya pendaftaran Rp100.000. Pencipta hanya bisa menyerahkan maksimal tiga lagu serta mengirimkan hasil karyanya dalam bentuk CD/Flash Disk/WhatsApp/E-mail.

Penerimaan materi lagu dimulai 24 Juli 2017 sampai30 September 2017.

Acara pelantikan ini dihadiri, penyanyi dan pencipta lagu Batak ternama, antara lain, Tagor Tampubolon, Andolin Sibuea, Rita Butarbutar, Trio RNB, Aldentua Siringoringo, Robert Marbun dan Freddy Tambunan.

Acara dipandu Vanda M Hutagalung dan song leader Trio RNB. (Victor)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.