MELIHAT HKBP SUKA BANGUN DARI DEKAT

Gereja HKBP SUKA BANGUN saat ini

Dairi, SUARAHKBP.com – Gereja HKBP Suka Bangun Resort Tiga Lingga, Kabupaten Dairi, berdiri 28 November 1978. Terletak di Desa Lau Lebah, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi yang merupakan huria pagaran (cabang) dari Resort Tigalingga.

Gereja ini dibangun dengan swadaya dan gotong royong warga HKBP Suka Bangun. Sudah pernah direnovasi secara bertahap dan hasilnya seperti kondisi saat ini. Kini, kondisi bangunan gereja HKBP Suka Bangun sudah ada yang rusak dimakan usia.

Gereja yang dipergunakan untuk kegiatan warga jemaat dan kebaktian Minggu telah berumur 30 tahun, yang dibangun orang tua yang terdahulu. Apabila turun hujan air masuk ke dalam gereja, karena seng banyak bocor.

hkbp-suka-bangun-1
Warga HKBP Suka Bangun bersama parhalado dan pendeta usai kebaktian Minggu 27 Nopember 2016.

Begitu juga dingding gereja sudah retak dan dimakan rayap. Pintu dan kosen gereja juga sudah lapuk dan banyaknya rayap.

Direncanakan akan mengganti atap dan sekaligus pembuatan plavon dan mengganti dinding gereja. Pengadaan bangku dan memperluas ruang konsistori yang hanya berukuran dua kali empat meter.

Termasuk menara gereja (palas-palas) yang jauh dari layak. Kamar mandi dan akomodasi interior; altar dan fasilatas seperti sound sytstem, organ serta alat musik lainnya belum ada.

Sebab itu, panitia sangat mengharapkan bantuan dari donatur yang tergerak hatinya mendukung rencana pembangunan tersebut. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan HKBP Suka Bangun, sekitar Rp 57.190.000.

Desa Lau Lebah

HKBP Suka Bangun terletak di suatu desa terpencil di Desa Lau Lebah, Kecamatan Gunung Sitember dengan kondisi jalan rusak parah, masih tanah liat dan licin bila musim hujan. Hanya bisa dilalui sepeda motor atau Hartop itu pun kalau musim kemarau.

hkbp-suka-bangun-2
Perjalanan ke HKBP Suka Bangun harus ditempuh dengan Hartop, mobil gardang dua

Belum lagi jembatan penghubung putus (dalam perbaikan) jalan alternatip dari arah tanah Pinem yang dulunya ada rambing juga putus. Keadaan ini tentu sangat memperparah akses bagi penduduk setempat mengangkut hasil bumi.

Jumlah warga jemaat HKBP Suka Bangun, dulunya sebanyak 33 kepala keluarga, namun seiring dengan perjalanan waktu dan mungkin faktor lain, lebih dari setengah anggota jemaatnya; 18 KK pindah ke gereja lain dan mereka mendirikan gereja GKPPD di Lau Mengkal.

Saat ini warga HKBP Suka Bangun, tinggal 16 KK. Walaupun demikian mereka tetap semangat na mar HKBP on. Parhalado-nya rajin sermon dan tidak pernah ketinggalan dalam setiap kegiatan resort maupun distrik. Tak terkeculai, warga jemaatnya juga baik dan ramah.

Huria (gereja) kecil ini dipimpin Uluan ni Huria; St Nurmalem Berutu dan didukung lima sintua.

Bagi bapak ibu yang tergerak hatina menyumbang pembangunan gereja HKB Suka Bangun, silahkan mengrimkannya ke No Rek: 3350.01.035130-53-3 an.Budianto Sianturi Pendeta HKBP Resort Tigalingga, Distrik VI Dairi.

Lam mangerbang ma ho HKBP Suka Bangun nang pe metmet. Horas HKBP.

(Budianto S)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.