Berkaca dari Pariwisata Filipina

Oleh: Enig Sonatha Aritonang, Wartawan Suara HKBP di Filipina

Images from the LAMAVE (large marine vertebrate project) whale shark research in the Bohol sea, Philippines

It’s more fun in the Philippines. Inilah slogan promosi pariwisata Filipina. Tulisan ini bukan bermaksud mempromosikan Filipina, tetapi lebih melihat bagaimana negara kepulauan ini mampu mengelola alam raya mereka menjadi lebih hidup dan menyenangkan sehingga menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan asing. Layak kita dapat memetik sesuatu yang berguna dari negara yang berpenduduk lebih kurang 100 juta orang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa industri wisata merupakan sektor amat penting terhadap ekonomi Filipina. Bayangkan saja, pada 2015, sektor wisata menyumbang 10, 6 persen terhadap GDP Filipina. Mulai Januari sampai Mei 2016, Filipina, kedelapan dunia pengunjung wisatawan internasional. Luar biasa. Apakah strategi pariwisata mereka?

September 16-Kondisi jalan
September 16-Kondisi jalan

Hayati dan ramah lingkungan

Filipina sebagai negara kepulauan adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Potensi ini dipakai dengan baik sebagai objek wisata yang menarik. Terdapat wisata petualangan air, hutan dan bersama udara. Namun demikian, bagi Filipina, keselamatan lingkungan hidup adalah suatu yang prioritas.

Contoh, di Oslop, Cebu, terdapat wisata berenang bersama ikan paus di tengah laut. Pada tahun lalu saya bersama teman-teman dari Korea dan Srilangka mengunjungi tempat ini. Sebelum dibawa ke tengah laut, kami diberikan semacam penjelasan tentang pentingnya menjaga keselamatan hayati di tengah laut. Dilarang menyentuh ikan-ikan. Jika kedapatan menyentuh, maka akan dikenakan denda yang sangat mahal. Dilarang membuang sampah di pantai.

Setelah berenang bersama paus, sejumlah ahli lingkungan hidup internasional dan lokal turun ke laut untuk memperhatikan kondisi paus dan air. Di setiap lokasi wisata anda akan sering menemukan tulisan ini; Take nothing, but pictures; Leave nothing, but footprints; Kill nothing but time.

Memang benar, setiap lokasi wisata terlihat bersih dan segar. Tak heran, kenapa banyak wisata datang berkunjung. Mereka tak hanya mendapat kesenangan tetapi juga mendapatkan nilai kehidupan melalui keramahan terhadap alam.

September 16-Wisata air
September 16-Wisata air

Infrakstruktur yang nyaman.

Infrastruktur yang nyaman salah satu strategi parawisata di negara ini. Pusat-pusat wisata mudah dicapai secara cepat dan dekat melalui udara, darat maupun laut. Bandara udara di kota kota kecil Filipina boleh dikatakan tak sebesar dan semodern lapangan udara di Tanah Air. Jika boleh disebutkan, Bandara Udara Silangit Siborongborong jauh lebih besar dan modern. Namun jangan ditanya soal intensitas penerbangan di kota kecil di Filipina, frekuensi penerbangan lumayan padat dan bandaranya dekat dengan objek-objek wisata.

Untuk perjalanan darat, penumpang akan dimanjakan dengan bus umum yang bagus, bersih dan full AC. Bahkan di kota kota kecil tersedia bus bertingkat dua. Tentu hal ini karena didukung oleh kondisi jalan yang bagus dan ruas jalan yang lebar. Sangat jarang kita menemukan jalan berlubang. Jalan raya yang rapi dan lebar sepertinya harga mati bagi parawisata Filipina. Infrastruktur seperti ini sangat mendukung pengembangan parawisata. Suatu strategi yang ampuh: bangun dulu infrakstruktur, lalu kembangkan pariwisata.

Promosi dimana-mana

Informasi lokasi wisata dan pegelaran festival-festival wisata dengan mudah didapatkan.  Selain diperoleh dari website pemeritah, di bandara terpampang lokasi lokasi wisata menarik. Tidak terkecuali di pasar-pasar, di toko perbelanjaan serta di pantai pantai kita akan sering menemukan spanduk sederhana tentang informasi wisata. Pagelaran-pagelaran menarik sepanjang tahun dipaparkan secara jelas.

Salah satu keunggulan masyarakat Filipina adalah mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Inilah yang membuat tourist asing senang datang ke Filipina. Mereka tidak akan takut tersesat. Selain itu, penduduknya yang ramah dan bersahabat membuat masyarakat luar menyukai tempat ini.

Jika hendak membeli souvenir, Anda akan disuguhi berbagai macam pilihan dan tidak akan dirayu paksa untuk membeli. Jika ingin mendapatkan suatu informasi, mereka akan membantu dengan penjelasan yang detil. Sepertinya pemerintah telah mengedukasi masyarakatnya untuk terbuka kepada orang pendatang.

Ada banyak lagi strategi yang dimiliki Filipina, sehingga turis asing senang berkunjung hingga berkali-kali. Sebenarnya strategi di atas bukanlah strategi yang muluk muluk. Tetapi konsistensi menjalankan strategi tersebut membuat Filipina mendapat kepercayaan sebagai tempat wisata yang menyenangkan. Tentu keberhasilan ini juga disebabkan sinergisitas antara pemerintah pusat dan lokal dalam menopang pengembangan wisata Filipina.

Tidak salah berkaca dari pengelola sektor pariwisata Filipina, ketika Danau Toba  dibenahi menjadi tujuan wisata internasional yang memliki budaya unik, ramah dan santun. Sangat dibanggakan, bahwa pemerintah telah menjadikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi  wisata international. Danau Toba adalah bagian peradapan dunia yang sangat indah, unik dan istimewa yang patut diketahui oleh dunia.

Keindahan itu menjadi sukacita ketika  masyarakat Tapanuli yang berada di sekitar Danau Toba mampu menunjukkan  peradapannya yang terbuka, ramah terhadap pendatang serta peduli terhadap lingkungan.

We have joyfullness in Danau Toba.

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.