Pre Inaugural Penerbangan Jakarta-Silangit: PENERBANGAN JAKARTA-SILANGIT TINGKATKAN PARIWISATA DAN EKONOMI

Dari Kanan: TB Silalahi, M Arif Wibowo, Budi Karya Sumadi dan Laurensius Manurung

PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melayani jalur penerbangan Jakarta-Silangit, Tapanuli Utara, sejak 22 Maret 2016 dengan frekuensi tiga kali sepekan menggunakan pesawat jenis ATR72-600ATR72-600 dan Bombardier CRJ-1000 NextGen “Explore Jet” berkapasitas 96 penumpang.

Peresmian rute penerbangan Jakarta-Bandara Silangit pp, yang dihadiri oleh para tokoh masyarakat Batak dan tokoh agama itu, dilakukan pada acara “Pre-Inaugural Flight Jakarta-Silangit” di Jakarta, Rabu (16/3)

Tokoh agama yang hadir, antara lain, Sekum PGI Pdt Gomar Gultom, Praeses HKBP Distrik Jakarta Pdt Colan WZ Pakpahan, Praeses HKBP Distrik Bekasi Pdt Manarias Sinaga dan Praeses HKBP Distrik Banten Pdt Patar Soaduon Napitupulu.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi menyampaikan pihaknya mendukung seluruh maskapai termasuk Garuda Indonesia untuk mengembangkan konektivitas penerbangan khususnya di kawasan Barat Indonesia. Selain meningkatkan pariwisata di kawasan Danau Toba, Budi optimis sinergi antara BUMN ini, juga mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan di Silangit, dan Sumatera Utara pada umumnya.

“Kami optimistis wisatawan mancanegara dan domestik akan semakin tertarik berwisata ke Danau Toba karena mudahnya akesibilitas dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit hingga satu jam dari Bandara Silangit,” jelas Budi.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo, menyambut baik sinergi antara Garuda Indonesia dan Angkasa Pura II. Arif berharap kiranya sinergi tersebut tidak hanya memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa kedua perusahaan, namun juga dapat memberikan kontribusi positif bagi negara, khususnya dalam bidang pengembangan pariwisata nasional.

Arif menambahkan, pembukaan rute Jakarta-Silangit pp tersebut merupakan bagian dari pengembangan jaringan yang terus kami laksanakan, khususnya di Wilayah Barat Indonesia dan juga merupakan wujud komitmen Garuda dalam mendukung program pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas di Indonesia.

Penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Silangit pp ini juga kiranya akan meningkatkan konektivitas Silangit dan kawasan di sekitarnya dengan kota-kota lainnya di Indonesia sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan perkembangan Silangit sebagai pusat ekonomi baru.

Bupati Tapanuli Utara, Drs Nikson Nababan, mengucapkan terima kasih kepada Dirut PT Garuda Indonesia dan Presdir PT Angkasa Pura II. “Kami dari Pemkab Taput dan jajarannya, serta masyarakat setempat sudah siap menerima penerbangan pesawat Garuda dari Jakarta ke Bandara Silangit,” ujarnya.

Nikson Nababan berharap, dibukanya rute penerbangan pesawat Garuda Jakarta- Silangit akan bisa menampung penumpang, selain dari sekitar Tapanuli, juga dari daerah Kabupaten lain, seperti Simalungun, Kota Pematangsiantar, Tanah Karo dan Kabupaten Dairi.

Ketua Yayasan Percepatan Pembangunan Kawasan Danau Toba Dr Laurensius Manurung, SE, MM, mengapresiasi atas terobosan luar biasa yang dilakukan PT Garuda Indonesia dan PT Angkasa Pura oleh karenadengan hadirnya Bandara Jakarta-Silangit maka impian seluruh masyarakat Batak terjadinya kemajuan di Tapanuli akan tercapai.

Kawasan ini terkenal dengan peta kemiskinan lantaran terisolir. “Dengan dibukannya rute penerbangan langsung ke Danau Toba, kita berharap terjadinya pertumbuhan ekonomi dan pariwisata serta semua tatanan sosial semakin maju,” pungkasnya.

Letjen (Purn) TB Silalahi, perwakilan tokoh Batak, juga mengapresiasi hadirnya bandar udara Jakarta-Silangit yang sudah lama dirindukan oleh masyarkat Batak. Apalagi jumlah masyarakat Batak di Jakarta yang mencapai satu juta jiwa merupakan captive market.

Kini, masyarakat Danau Toba, patut senang dan bahagia. “Dengan kedatangan para turis baik lokal maupun luar negeri,  maka akan memberdayakan masyarakat dan ikut mengentaskan kemiskinan,” tandasnya.

(VICTOR)

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.