Peletakan Batu Pertama Pembangunan HKBP Semper: MODAL KEBERSAMAAN DAN KEKELUARGAAN

Sekjend HKBP Mori Sihombing bersama Wakil Gubernur, Walikota, Kapolsek Cilincing dan Pdt Sitompul (kedua dari kanan)

Kebersamaan dan kekeluargaan itulah modal yang dimiliki HKBP Semper. Kendatipun warga HKBP Semper, rata-rata kelas menengah ke bawah, tapi, soal kekompakan warga gereja patut dihargai.

Setiap ada kegiatan gereja warga jemaat turut berpatisipasi, bahu membahu dan saling tolong menolong. “Kebersamaan inilah modal kami di HKBP Semper,” kata Pdt Bilherimen Sitompul, Pendeta Resort Semper, saat memberikan sambutan pada Pesta Pelatakan Batu Pertama Pembangunan Gereja HKBP Semper.

Pada hari itu, Minggu (11/10)  ada dua kegiatan; pesta pembangunan dan pesta gotilon. Sebelum kebaktian Minggu didahului peletakan batu pertama yang dipimpin Sekretaris HKBP, Pdt Mori AP Sihombing MTh.  Peletakan batu pertama oleh Sekjend HKBP Mori Sihombing,  Kabid Diakonia Pdt Kotler Siagian, Pendeta Resort HKBP Semper, Pdt Biherimen Sitompul, Ketua Panitia Pesta Peletakan Batu Pertama, St P Gultom, Lurah, Muhammad Iqbal M, Ketua RW 05 Semper Barat, Uchi, tokoh masyarakat, H Nurtoni, tokoh agama, H N Napitupulu.

Kebaktian Minggu dipimpin Pdt Kotler Siagian, Kepala Bidang Diakonia dan kotbah disampaikan Sekjed  HKBP Pdt Mori Sihombing.

Foto bersama Sekjend Mori, usai mangulosi Wakil Gubernur dan Wakil Walikota
Foto bersama Sekjend Mori, usai mangulosi Wakil Gubernur dan Wakil Walikota

Mori Sihombing dalam kotbah yang dikutip dari Ibrani 4: 12-16, mengatakan, firman Tuhan itu, hidup dan kuat, lebih tajam dari pedang bermata dua. Bahkan firman Tuhan, menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum, sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran kita. Meskipun begitu tajam, tapi kita harus berani menghampiriNya, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia serta memperoleh keselamatan.

“Kita harus berani mengakui kelemahan kita di hadapan Tuhan dan mengakui dosa serta mengampuni orang lain, agar kita layak diterima dalam kerajaanNya,” kata Mori.

Ketua Panitia Pesta Peletakan Batu Pertama HKBP Semper, St P Gultom, dalam sambutan menjelaskan program panitia, yaitu membangun gedung Sekolah Minggu, mengingat jumlah anak Sekolah Minggu HKBP Semper saat ini sekitar 600 orang dan sudah perlu ada gedung tersendiri untuk berbagai kegiatan Sekolah Minggu. Gedung gereja direncanakan bertingkat. Lantai satu untuk kegiatan Sekolah Minggu dan lantai dua untuk sarana pelayanan umun.

P Gultom menyampaikan, terima kasih kepada Jhonny Simanjuntak anggota DPRD DKI yang bersedia mendampingi panitia mengurus izin bangunan gereja HKBP Semper. Marilah kita semua warga HKBP Semper, bersama-sama dan bahu-membahu agar pembangunan gereja ini dapat terlaksana dan selesai tepat pada waktunya. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan moral maupun material untuk pelaksanaan Pesta Gotilon dan peletakan batu pertama,” kata P Gultom.

Jhonny Simanjuntak, saat memberikan sambutan,  mengatakan, bangga  punya parhalado yang bisa kerjasama yang baik. Tidak tergantung kepada seseorang anggota jemaat, tetapi melibatkan semua warga gereja. Saling mendukung dan membantu. “Semangat kebersamaan seperti ini perlu terus dipertahankan di HKBP Semper, “ kata Jhonny

Gedung gereja yang akan dibangun sesuai izin bangunan yang diperoleh, bertingkat di lokasi gereja sekarang. Meskipun sudah ada lahan tersedia di belakang gereja seluas 1000 meter , tapi tidak mendapat izin untuk dibangun rumah ibadah.

Lahan itu sekarang menjadi tempat parkir. Bukan hanya mobil warga gereja yang parkir di tempat itu, mobil warga setempat pun banyak yang parkir. Hampir tiap hari mobil warga parkir di tempat ini. Kalau mobil warga gereja hanya pada kebaktian Minggu parkir di tempat itu. Begitu juga yang menjaga parkir adalah warga setempat. Tapi, tidak apa-apa yang penting ada manfaatnya. Harus sabar. “Setidaknya, HKBP Semper sudah mejadi saluran berkat kepada warga sekitar,“ kata Pdt Sitompul kepada Suara HKBP.

Pesta Peletakan Batu Pertama Gedung Gereja HKBP Semper juga dihadiri Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat dan Wakil Wali Kota Jakarta Utara; Wahyu Haryadi dan Kapolsek Cilincing, Kompol Edy Purnawan.

Foto bersama Panitia Pesta Gotilon
Foto bersama Panitia Pesta Gotilon

Djarot, dalam sambutan, mengatakan, pemerintah DKI berupaya membenahi serta mewujdukan  Jakarta menjadi tempat yang nyaman dan damai bagi semua warga DKI, apa pun suku dan agamanya. Kita harus saling mengasihi dengan sesama, tidak membedakan suku dan agama. Begitu juga hubungan yang baik terhadap tetangga dan saling peduli terhadap lingkungannya harus ditingkatkan dan dipelihara.  “Sebab, perbedaan adalah kekayaan bangsa dan perlu dipelihara dengan baik,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Raya.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur DKI memberikan sumbangan Rp 20 juta. Wakil Walikota menyumbang Rp 5 juta. Djarot juga menyanyikan lagu; “Indonesia Tanah Pusaka” dan kemudian me-request lagu “Alusi Au” yang dinyakinkan bersama artis pengisi acara hiburan yang dipandu Vanda Hutagalung.

Selain itu, Haji Andi Situmorang, personil Trio Ambisi, membawakan lagu berjudul; “Nang Humalunsang” yang disambut meriah oleh warga jemaat yang hadir.

Ada juga tortor panitia dan parhalado, lansia, wijk, dan tortor rombongan Sekejend HKBP dan pendeta. bas

 

 

 

 

IKLAN

BUKU KERJA KERJA KERJA MAU

1 Comment

  1. HKBP sebaiknya mengumpulkan dana untuk membuka badan usaha (perusahan) ,atau membeli saham perusahaan di pasar modal sehingga menjadi pemilik saham mayoritas,dengan cara mengumpulkan persembahan yang khusus untuk badan usaha ini setiap minggunya, sehingga HKBP memiliki sumber penghasilan lainnya sekaligus menjadi tempat bekerja dan training bagi warga HKBP.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.